|
KKMI KECAMATAN SIDAREJA
KELOMPOK KERJA GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SIDAREJA
KABUPATEN
CILACAP
Jalan Raya Cipari Kilometer 04 Desa Tinggarjaya
Kecamatan Sidareja
|
|
ULANGAN
UMUM TENGAH SEMESTER I
MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
|
||
Mata Pelajaran
Kelas / Mid semester
Hari, Tanggal
Waktu
Nama
|
: Bahasa Indonesia
: VI (Enam) / I (Satu)
: ……………… Oktober
2014
: Pukul … – … WIB
: ………………………………
|
|
I.
Berilahtandasilang
(x) padahuruf a, b, c, atau d di depanjawaban yang paling tepat!
Teksuntuknomor 1- 5
Beritadari orang
TadipagiRinda member
beritabahwaseninkemarin,tanggal 25 oktober
2007,pukulsore,telahterjadikebakaran
di
kampungnya.Penyebabkebakaran,yaituhubunganaruspendek.Mula-mulakebakaranituhanyaterjadi
di saturumah.Ternyataanginbertiupkencangmakaapipunmenjalarkerumahwarga yang
lain.
Rindajugamengatakanbahwasemuawarga
panic danmemanggil 5 mobilkebakaran.UntungsajarumahRindatidakikutterbakarkarenarumahRindajauh.Kerugian
yang dialamimencapai 500 juta.Rindaberceritasambilmenangis.
1.
Orang yang menyampaikaninformasikebakaranadalah……….
a. Warga
b.
Orang tuaRinda
c.Rinda
d.Polisi
2.
Kebakaranituterjadipada…….
a.Pagihari
b.Sorehari
c.Malamhari
d.Sianghari
3.
Peyebabterjadinyakebakaranituadalah……..
a.Kompormeledak
b.anginkencang
c.hubunganaruslistrik
d.puntungrokok
4.
Penyebabkebakaran di rumahwarga yang lainadalah…..
a.anginkencang
b.hubunganaruslistrik
c.kompormeledak
d.puntungrokok
5.
Orang yang memanggilpemadamkebakaranadalah……
a.Rinda
c.Satpam
b.OrangtuaRinda
d.Warga
6.
Fungsitandabacatitikduaadalah………
a.pengganti kata atau
b.dipakaisetelah
kata sebagaipenjelasan
c.penulisannomor
d.dipakaisebelum
kata sebagaipenjelasan
7.
Kamupilihapel/anggur
Tandagaris
miring berfungsisebagai…….
a.katagantiatau
b.katagantidengan
c.katagantitiap
d.katagantijika
8.
HarganyaRp 1000,00/kg
Fungsitandagaris miring…..
a.katagantiatau
b..katagantidengan
c.katagantitiap
d.katagantijika
9.
.Berikutinikalimat yang
dapatdigolongkanmenunjukkanlatartempatadalah….
a.
Ayah membaca Koran.
b.
Adikmemintapermen.
c.
Asihmandidua kali sehari.
d.
Tahunini di Jakarta terjadibanjir.
10.Watakmerpatiringantangan. Iamembantusemut yang hampirtenggelam.
Ringantanganartinya ….
a.
sukamemberi
b.sukamencela
c.
sukamencuri
d.
sukamembantu
11.(1) Sampahharusdibuangpadatempatnya.
(2) Lingkunganmenjadibersihdansehat.
Kata hubung yang
tepatuntukmenggabungkanduakalimattersebutadalah….
a.
tetapi
b.
meskipun
c.
dan
d.
supaya
12.Menagggapisesuatudarisisikekurangannyamerupakansuatu……
a.
pertanyaan
b.
kritikan
c.
rasakagum
d.
pujian
13.“Bawang Merahberwatakjahat.
DiaseringmembuatBawangPutihsedih”.
Dalamkutipantersebutbawangmerahsebagaitokoh
….
a.
utama
b.
protagonis
c.
figuran
d.
antagonis
14.Lihatlahindahalamdesaku
Gunungmenghijaupadimenguning
Suaramerduburungberkicaunyaring
Bangunkanakudaritidur.
Temapuisi di atasadalah ….
a.
keindahan
b.
hiburan
c.
pertanian
d.
kegiatan
15Perhatikan data pribadiberikut !
Namalengkap : Budi Santosa
………., tanggallahir : Semarang,
18 Juli 2007
Jeniskelamin : Laki-laki
……………………… : JalanKenari No. 9
Kata yang tepatuntukmelengkapi data
pribaditersebutadalah ….
a.
waktudanalamat
b.
tempatdanalamat
c.
tempatdan agama
d.
tempatdanpekerjaan
16.Sebuahlaporankunjunganpastimemuathal-halberikutini,
kecuali….
a.
denahlokasi
b.
lokasikunjungan
c.
tempat yang dikunjungi
d.
waktukunjungan
17.Kalimat di bawahini yang
menyatakanlaporanadalah ….
a.
Di mana kalian berdarmawisata?
b.
Mengapamerekaikutmendakigunung?
c.
Nina dan Susi inginpergike Bogor.
d.
Air terjunituada di lerengGunungLawu.
18.Laporankegiatanditulis ….
a.
saatkegiatan
b.
sebelumkegiatan
c.
selesaikegiatan
d.
merencanakankegiatan
19.Agarpendengartidakbingungdenganinformasi
yang kitasampaikansecaralisan, harusmenyampaikannyadenganbahasa yang ….
a.
sopan
b.
runtut
c.
panjang
d.
singkat
20.Setiaptanggapanharusdisertaidengan ….
a.
deskripsi
c.
contoh
b.
fakta
d.
alasanlogis
21.Marikitajadikanlingkungankitasehatdanaman!
Kalimat di atasadalahkalimat ….
a.
kritikan
b.
pujian
c.
perintah
d.
ajakan
22.“Wah, bajumubagussekali, San!”
Kalimat di atasmerupakankalimat ….
a.
perintah
b.
ejekan
c.
kritikan
d.
pujian
Perhatikanpenggalanceritaberikutiniuntukmenjawabsoalnomor
23sampai 25!
Buayatakjugamaumengakubahwaia
yang telahmenggigitKerbau.
KerbaumengadukepadaKancil.Kancillalumembalasperbuatanbuaya.BuayadimintamempraktikkankembalibagaimanacaraKerbaumenolongBuayasewaktuterhimpitkayubesar
di tengahhutan. Kini,
kayubesartelahkembalimenghimpitbadanBuaya.BuayaterperangkapperbuatannyasendiriolehkecerdikanKancil.
23.Dalamceritaitu, tokohantagonisnyaadalah ….
a.
Kerbau
b.
Kancil
c.
Buaya
d.
BuayadanKancil
24.Latartempatceritaituadalah di ….
a.
pinggirhutan
b.
pinggirsungai
c.
tanahlapang
d.
tengahhutan
25.Amanatdariceritaituadalah ….
a.Siapa yang
berbohongakankenagetahnya.
b.KancildanKerbauadalahhewanbaik.
c.Buayaadalahhewan yang licik.
d.Berbohongitudapatmembawacelaka.
II.
Isilahtitik-titik di
bawahinidenganjawaban yang benar!
1.
Laporanadalahkarangan yang berisikan………………………………………….
2.
Formulirpendaftaranadalahlembarisiantentang………………………………..
3.
Kegiatanmengubahpuisikebentukprosadisebut ………………………………
4.
Informasiadalahkabarmengenai…………………………………………………..
5.
Tempatterjadinyaceritadisebut……………………………………………………..
6.
Pesan yang ingindisampaikanpenuliskepadapembacadisebut…………….
7.
Kepribadiantokoh yang berwatakbaikdinamakan……………………………….
8.
Dalamteks dialog, setelahnamatokohselaludiikutitandabaca
………………
9.
Seharusnyamasyarakattidakmembuangsampah di
sungai,gunamencegahbanjir
Kalimattersebutmerupakankalimat……………………………………………………..
10.
Mengkritiksesuatuharusdisertai ……………………………………………………
III. Kerjakansoal-soalberikut!
1.
Sebutkanlahunsur-unsurpendukungcerita !
2.
Berilahtanggapanterhadapperistiwaberikut!
Pak Amatseringmenebangipohon dihutanuntukdijadikankayubakardandijual
di pasar.
3.
Pak
Otomerasaibadenganburung-burungitu. Ialalumenolongburung-burungitutanpapamrih.
Merekadibuatkansangkaroleh Pak Oto.
Bagaimanakahwatak Pak Ototersebut?
4.
Sebutkancara-caramengkritik yang baik !
5. Buatlahduakalimattransitip !
OooSelamatMengerjakanooO
KunciJawaban
Bahasa Indonesia
Kelas IV (enam)
I. KUNCI
1.c 6.b 11.d 16.a 21.d
2.b 7.a 12.b 17.d 22.d
3.c 8.c 13.d 18.c 23.c
4.a 9.d 14.a 19.b 24.d
5.d 10.d 15.b 20.d 25.a
II.
KUNCI
1.
Penjelasanhasilkegiatan
2.
Informasipendaftaran
3.
Parafrase
4.
Peristiwa
5.
Latar
6.
Amanat
7.
Protagonis
8.
Titikdua
9.
Kritikan
10. Alasanlogis
III.
KUNCI
1.
Tokoh,watak,latar,amanat
2.
SeharusnyapakAmattidakmenebangikayu di hutan,karenapohon
di hutanadalahpelindungbagiekosistemdidalamnya.
3.
Wataknyabaikdanpenyayang
Kebijaksanaan guru
4.
a. Di
sampaikansecarajelas
b.
.Menyatakandengan alas an masukakal
c.
.Tanggapansesuidenganmasalah yang ditanggapi
d.
Bahasa yang digunakansantun
Kebijaksanaan guru
5. a. Animencucipiring di dapur.
b. Edo membacabuku di perpustakaan.
Kebijaksanaan
guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar